KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SDN 1 DAREK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED MATEMATIKA

SITI WAFIA, MURNIATI (2023) KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SDN 1 DAREK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED MATEMATIKA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI _Siti Wafia Murniati_E1E019304.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ARTIKEL_Siti Wafia Murniati_E1E019304.pdf

Download (213kB)

Abstract

Literasi pada era perkembangan teknologi 4.0 ini mengalami perluasan arti dan cangkupan, literasi numerasi adalah sebuah kemampuan untuk mengkomunikasikan berbagai bentuk simbol dan angka matematika dalam proses pemecahan masalah dari berbagai bentuk masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari serta kemampuan dalam menganalisis bentuk-bentuk informasi yang digambarkan berupa tabel, grafik dan juga bagan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SDN 1 Darek dalam menyelesaikan soal open ended matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Darek pada tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 21 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SDN 1 Darek itu berbeda-beda yaitu dibagi menjadi 3 kategori tinggi, sedang dan rendah sesuai dengan pencapaian indikator literasi numerasi yaitu sebagai berikut: (1) Siswa yang memiliki kemampuan literasi numerasi tinggi merupakan siswa yang mampu memenuhi keseluruhan indikator literasi numerasi (2) Siswa yang memiliki kemampuan literasi numerasi sedang yaitu siswa kurang mampu memenuhi semua indikator kemampuan literasi numerasi (3) Siswa yang memiliki kemampuan literasi numerasi rendah merupakan siswa yang belum mampu memenuhi indikator kemampuan literasi numerasi

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Literasi Numerasi, Soal Open Ende
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:43
Last Modified: 24 Jan 2024 09:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44208

Actions (login required)

View Item View Item