NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA CERITA RAKYAT SASAK CUPAK GERANTANG

Mar’atus, shalihah (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA CERITA RAKYAT SASAK CUPAK GERANTANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MAR'ATUSSHALIHAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKEL MAR'ATUSSHALIHAH 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Sasak Cupak Gerantang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan studi literatur. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi kualitatif (qualitative content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukannya 5 nilai karakter dalam cerita Cupak Gerantang yakni religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong dan integritas. Cerita ini sangat bagus untuk mengembangkan nilai karakter anak, sehingga sangat cocok dibaca oleh anak-anak sekolah dasar pada khususnya kelas tinggi. Berdasarkan hasil anaslisi buku cerita rakyat Sasak cupak gerantang ditemukan bahwa bentuk nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam cerita rakyat Sasak cupak gerantang sebanyak 5 nilai pendidikan karakter, yaitu nilai religius, nilai nasionalisme, nilai mandiri, nilai gotong royong dan nilai integritas. Persentase yang paling tinggi pada hasil telaah nilai karakter cerita Cupak Gerantang adalah nilai integritas yaitu sebanyak 25,84% dan nilai karakter yang paling rendah adalah nilai nasionalisme 12,35%. Hasil dari rekapitulasi telaah soal nilai pendidikan karakter pada cerita rakyat Sasak Cupak Gerantang di kelas 4 yaitu terlihat nilai persentase yang paling tinggi adalah nilai integritas yaitu 23,43% dan yang paling rendah adalah nilai mandiri yaitu 16,73%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisi buku, Cerita Rakyat Sasak, Nilai Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:43
Last Modified: 24 Jan 2024 09:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44214

Actions (login required)

View Item View Item