PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMUAIAN KALOR DIGITAL BERBASIS ARDUINO UNO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERIK SAINS, BERPIKIR KRITIS, DAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK

ROSI, PRATIWI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMUAIAN KALOR DIGITAL BERBASIS ARDUINO UNO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERIK SAINS, BERPIKIR KRITIS, DAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS ROSI PRATIWI (I2E022012).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
ARTIKEL ROSI PRATIWI (I2E022012).pdf

Download (635kB)

Abstract

Peserta didik kurang mampu mengembangkan kemampuan generik sains yang dimilikinya seperti memahami simbol-simbol dalam pelajaran IPA bahkan banyak dari mereka tidak bisa menggunakan alat ukur. Selain itu, kemampuan berpikir kritis seperti memberikan kesimpulan dan argumentasi ilmiah dilihat dari memberikan alasan yang mendukung pernyataan masih tergolong rendah. Salah satu cara meningkatkan kemampuan tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa pemuaian kalor digital berbasis arduino uno yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan generik sains, berpikir kritis, dan argumentasi ilmiah peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE. Produk diuji coba pada salah satu sekolah negeri di Lombok Barat kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan validasi perangkat berada dalam kategori valid dan reliabel. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan nilai rata-rata 93,46%, respon guru 98,28%, dan respon peserta didik 89,66% dengan kategori sangat praktis. N-gain digunakan untuk melihat keefektifan produk yang dikembangkan dan diperoleh indikator kesadaran akan skala pada kemampuan generik sains memiliki N-gain tertinggi sebesar 94,00%, indikator keputusan dasar pada kemampuan berpikir kritis dengan nilai 93,00%, dan evidence pada kemampuan argumentasi ilmiah memperoleh N-gain terbanyak sebesar 63,00%. Kebaharuan dari produk yang dikembangkan adalah penggunaan arduino uno sehingga hasil pengukuran lebih teliti dan akurat. Kesimpulan yang diperoleh adalah pengembangan media pembelajaran pemuaian kalor digital berbasis arduino uno layak, sangat praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan generik sains, berpikir kritis, dan argumentasi ilmiah peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran, Pemuaian Kalor Digital, Arduino Uno, Generik Sains, Berpikir Kritis, Argumentasi Ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:08
Last Modified: 26 Jan 2024 02:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44235

Actions (login required)

View Item View Item