IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI DAN NUMERASI PADA KEGIATAN KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4 DI SDN SANGARI KABUPATEN BIMA

MURDLIATUL, INGGIT (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI DAN NUMERASI PADA KEGIATAN KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4 DI SDN SANGARI KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MURDLIATUL INGGIT_E1B020099 docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ARTIKEL JIPP_MURDLIATUL INGGIT .pdf

Download (788kB)

Abstract

Kampus mengajar merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk meningkatkan literasi, numerasi, adaptasi teknologi dan membantu administrasi guru di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk implementasi program literasi dan numerasi pada program kampus mengajar di SDN Sangari Kabupaten Bima, factor pendukung dan penghambat program literasi dan numerasi pada kegiatan kampus mengajar Angkatan 4 di SDN Sangari Kabupaten Bima, dampak program literasi dan numerasi pada kegiatan kampus mengajar Angkatan 4 di SDN Sangari Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumplan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk implementasi program literasi dan numerasi pada kegiatan kampus mengajar Angkatan 4 di SDN Sangari Kabupaten Bima berupa pojok literasi dan pengaktifan perpustakaan, Gerakan literasi sekolah, pemilihan buku bacaan, literasi melalui kartu huruf, private class literasi, kartu numerasi, private class numerasi. Adapun factor pendukungnya adanya pasrtisipasi dan kolaborsi antara mahasiswa kampus mengajar dan guru di sekolah kemudian factor penghambatnya adalah fasilitas yang kurang memadai dan kurangnya sosialiasi dari pihak kementrian terhadap sekolah yang akan menjadi sasaran kampus mengajar. Adapun dampak dari implementasi program literasi dan numerasi kampus mengajar Angkatan 4 adalah terdapat perubahan pada kebiasaan siswa serta kemampuan membaca dan berhitung siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Literasi dan Numerasi, Kampus Mengajar, SDN Sangari.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:08
Last Modified: 26 Jan 2024 02:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44237

Actions (login required)

View Item View Item