PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 46 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

TAUFIQ AL ASHFAHANI, QADRIFUDDIN (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 46 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TAUFIQ AL ASHFAHANI QADRIFUDDIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
JURNAL JIP.pdf

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Crossword Puzzle (teka-teki silang) terhadap hasil belajar IPA untuk peserta didik kelas IV di SDN 46 Cakranegara. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasi Eksperimen Design (eksperimen semu) dengan desain Nonquivalent Control Group Design. populasi penelitian yaitu peserta didik kelas IV di SDN 46 Cakranegara yakni 28 peserta didik kelas IV A dan 17 peserta didik kelas IV B. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Probability Sampling dengan jenis sampel jenuh sehingga didapatkan kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah dengan tes (pre-test dan post-test), observasi, lembar angket peserta didik dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji normalitas data, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji Independen Sample T-Test dengan bantuan SPSS 25 diperoleh nilai thitung sebesar 3,436 sedangkan untuk ttabel pada taraf signifikan 5% dengan drajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 = 43 diperoleh nilai sebesar 2,017. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa thitung 3,436 > ttabel 2,017 yang berarti Ha diterima dan h0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Crossword Puzzle (teka-teki silang) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN 46 Cakranegara tahun pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:08
Last Modified: 26 Jan 2024 02:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44245

Actions (login required)

View Item View Item