SUSILA, WATI (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
|
Text
Jurnal Susilawati.pdf Download (206kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah aritmatika sosial ditinjau dari self-confidence siswa kelas VII SMPN 20 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif dengan subjek sebanyak 7 siswa. Instrument yang digunakan berupa angket selfconfidence, tes aritmatika sosial, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction, data display , dan conclusion drawing/verification . Tahapan pemecahan masalah yang digunakan adalah pemecahan masalah menurut Polya yaitu memahami masalah, mengembangkan rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukan subjek dengan self-confidence tinggi dan kemampuan pemecahan masalah tinggi mampu melaksanakan empat tahapan pemecahan masalah menurut Polya. Subjek dengan self-confidence tinggi dan kemampuan pemecahan masalah sedang mampu melaksanakan tiga tahapan pemecahan masalah menurut Polya. Subjek dengan self-confidence tinggi dan kemampuan pemecahan masalah rendah mampu melaksanakan dua tahapan pemecahan masalah menurut Polya. Subjek dengan self-confidence sedang dan kemampuan pemecahan masalah tinggi mampu melaksanakan tiga tahapan pemecahan masalah menurut Polya. Subjek dengan self-confidence sedang dan kemampuan pemecahan masalah sedang mampu melaksanakan tiga tahapan pemecahan masalah menurut Polya. Subjek dengan self-confidence sedang dan kemampuan pemecahan masalah rendah tidak mampu melaksanakan semua tahapan pemecahan masalah menurut Polya. Begitu juga dengan subjek self-confidence rendah dan kemampuan pemecahan masalah rendah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kemampuan Pemecahan Masalah, Self-Confidence, Aritmatika Sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 02:08 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 02:08 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44249 |
Actions (login required)
View Item |