ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN DALAMMENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABELDITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS XI SMKN 1 GERUNG TAHUN AJARAN 2023/2024

HALIMATUS, SYA’DIYAH (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN DALAMMENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABELDITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS XI SMKN 1 GERUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HALIMATUS SYA'DIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
ARTIKEL HALIMATUS SYA'DIYAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran dalam menyelesaikan soal matematika materi sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas XI SMKN 1 Gerung tahun ajaran 2023/2024 berdasarkan tingkatan kecerdasan emosional siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini berupa angket kecerdasan emosional, tes tertulis kemampuan penalaran matematis, dan wawancara mendalam terkait kemampuan penalaran matematis. Metode analisis data yang digunakan yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Indikator kemampuan penalaran matematis mencakup 4 tahapan yaitu: a) mengidentifikasi informasi, b) mengaitkan dengan objek matematika, c) menyusun argumen, dan d) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) kemampuan penalaran matematis siswa dengan tingkat kecerdasan emosional tinggi mampu mengidentifikasi informasi, mengaitkan dengan objek matematika, menyusun argumen, serta memberikan kesimpulan beserta alasan dari kesimpulan yang diberikan dengan baik dan benar; b) kemampuan penalaran matematis siswa dengan tingkat kecerdasan emosional sedang masih kurang pada tahap menyusun argumen, masih melakukan kesalahan dan kurang teliti dalam menyusun argumen; c) kemampuan penalaran matematis siswa dengan tingkat kecerdasan emosional rendah mampu memberikan kesimpulan namun tidak mampu memberikan alasan dari kesimpulan yang diberikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Penalaran, Kecerdasan Emosional, SPLDV
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:59
Last Modified: 26 Jan 2024 07:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44299

Actions (login required)

View Item View Item