HALIMATUS, SYA’DIYAH (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN DALAMMENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABELDITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS XI SMKN 1 GERUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI HALIMATUS SYA'DIYAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
ARTIKEL HALIMATUS SYA'DIYAH.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran dalam menyelesaikan soal matematika materi sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas XI SMKN 1 Gerung tahun ajaran 2023/2024 berdasarkan tingkatan kecerdasan emosional siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini berupa angket kecerdasan emosional, tes tertulis kemampuan penalaran matematis, dan wawancara mendalam terkait kemampuan penalaran matematis. Metode analisis data yang digunakan yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Indikator kemampuan penalaran matematis mencakup 4 tahapan yaitu: a) mengidentifikasi informasi, b) mengaitkan dengan objek matematika, c) menyusun argumen, dan d) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) kemampuan penalaran matematis siswa dengan tingkat kecerdasan emosional tinggi mampu mengidentifikasi informasi, mengaitkan dengan objek matematika, menyusun argumen, serta memberikan kesimpulan beserta alasan dari kesimpulan yang diberikan dengan baik dan benar; b) kemampuan penalaran matematis siswa dengan tingkat kecerdasan emosional sedang masih kurang pada tahap menyusun argumen, masih melakukan kesalahan dan kurang teliti dalam menyusun argumen; c) kemampuan penalaran matematis siswa dengan tingkat kecerdasan emosional rendah mampu memberikan kesimpulan namun tidak mampu memberikan alasan dari kesimpulan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kemampuan Penalaran, Kecerdasan Emosional, SPLDV |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 07:59 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 07:59 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44299 |
Actions (login required)
View Item |