ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NEWMAN DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 1 SURALAGA TAHUN AJARAN 2023/2024

NURUL FITRI, MARDHIATI (2024) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NEWMAN DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 1 SURALAGA TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_WISUDA_NURUL FITRI MARDHIATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
6722-Article Text-36019-1-10-20240118 (1).pdf

Download (760kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa menurut metode Newman dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai ditinjau dari kecerdasan logis matematis pada siswa SMPN 1 Suralaga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII A SMPN 1 Suralaga. Teknik pengumpulan data meliputi tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan pengecekan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) Siswa pada kategori kecerdasan logis matematis tinggi sudah mampu melewati semua tahap yaitu, membaca soal, memahami masalah, transformasi masalah, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. (2) Siswa pada kategori kecerdasan logis matematis sedang belum mampu melewati semua tahap, yaitu melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. (3) Siswa pada kategori kecerdasan logis matematis rendah tidak mampu melewati semua tahap, yaitu melakukan kesalahan pada hampir semua tahapan diantaranya, memahami masalah, transformasi masalah, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat 4 jenis kesalahan dari 5 jenis kesalahan dalam metode Newman yang dilakukan oleh siswa, yaitu kesalahan memahami soal, kesalahan transformasi soal, kesalahan proses, serta kesalahan dalam menulis jawaban akhir.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kecerdasan Logis Matematis, Soal Cerita, Teori Newman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Jan 2024 23:58
Last Modified: 28 Jan 2024 23:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44308

Actions (login required)

View Item View Item