KASULASIL, ANWARI (2024) ANALISIS MISKONSEPSI MATERI BIOLOGI MENGGUNAKAN SOAL PILIHAN GANDA DUA TINGKAT di SMAN 1 PRAYA BARAT DAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI KASULASIL ANWARI PEND. BIOLOGI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
ARTIKEL_KASULASIL ANWARI PEND. BIOLOGI.pdf Download (233kB) |
Abstract
Miskonsepsi sering terjadi pada siswa, penyebab terjadinya miskonsepsi yaitu cara mengajar, buku teks dan peserta didik itu sendiri, maka dapat digunakan tes pilihan ganda dua tingkat untuk mendeteksi adanya miskonsepsi pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitataif yang bertujuan untuk mendeskripsikan persentase miskonsepsi dan mengidentifikasi letak kesalahan konsep. Subjek penelitian yaitu 47 siswa kelas XI IPA dan XI IPS di SMAN 1 Praya Barat Daya. Instrumen penelitian ini adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Analysis Miles and Huberman yang terdiri dari resuksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwan 30% peserta didik yang mengalami miskonsepsi pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia dan hewan. Miskonsepsi siswa di kelas IPA sebesar 15% dan kelas IPS sebesar 41%. Letak kesalahan miskonsepsi siswa IPA dan IPS hampir sama yaitu pada konsep struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia, proses pernapasan manusia, pertukaran gas O2 dan CO2, kelainan pada sistem pernapasan dan struktur dan fungsi sistem pernapasan hewan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Miskonsepsi, sistem pernapasan manusia dan hewan, tes pilihan ganda dua tingkat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 28 Jan 2024 23:58 |
Last Modified: | 28 Jan 2024 23:58 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44311 |
Actions (login required)
View Item |