STRATEGI GURU PPKn DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MTs NEGERI 1 MATARAM

NURUL AZIZAH, KASIM (2024) STRATEGI GURU PPKn DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MTs NEGERI 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Nurul Azizah Kasim.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ARTIKEL NURUL AZIZIAH KASIM.pdf

Download (348kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi dengan adanya strategi guru PPKn dalam mengembangkan karakter Disiplin siswa di MTs Negeri 1 Mataram yang dimana di MTs Negeri 1 Mataram ini strategi guru sangat di butuhkan dalam mengembangkan karakter disiplin tersebut terutama guru PPKn dikarenakan Guru mapel PPKn sebagai salah satu sarana yang tepat dalam implementasikan nilainilai pendidikan karakter peserta didik pada dasarnya tujuan PPKn adalah untuk menciptakan peserta didik menjadi warga negara yang demokratis dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Ketika berbicara guru mapel PPKn dilakukan dalam kegiatan Korikuler pendidikan karakter diwujudkan semua mata pelajaran termasuk mapel PPKn. Disiplin sangat penting untuk diterapkan bagi siswa, disiplin seharusnya tidak hanya menegakkan aturan jangka panjang, tetapi juga mampu meningkatkan prestasi yang tinggi. Proses pengembangan karakter disiplin dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan emosional, spiritual dan kepribadiaan siswa. Hal ini dilakukan dengan melakukan cara yang sederhana disiplin datang sekolah tepat waktu, menggunakan seragam sesuai dengan aturan yang berlaku, disiplin dalam melakukan kegiatan sekolah yang menjadi rutinas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mendeskripsikan Strategi yang dihadapi Guru dalam mengembangkan karakter disiplin siswa serta mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam mengembangkan karakter disiplin siswa di MTs Negeri 1 Mataram. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dangan jenis penelitian Deskriptif adapun subjek dari penelitian ini yaitu Guru PPKn. Informan dari penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Wakasek Kesiswaan, Guru BK, siswa-siswi MTs Negeri 1 Mataram dan Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa di MTSn 1 Mataram strategi guru PPKn dalam mengembangkan karakter Disiplin siswa sudah dijalankan dengan baik yang dimana dalam mengembangkan karakter 9 tersebut guru memberlakukan strateginya mulai dari disiplin waktu, disiplin sikap dan disiplin aturan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Guru PPKn, Karakter Disiplin Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:51
Last Modified: 30 Jan 2024 07:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44362

Actions (login required)

View Item View Item