PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 13 MATARAM PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS TAHUN AJARAN 2023/2024

FAKHRIAN NUR, ANISA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 13 MATARAM PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FAKHRIAN NUR ANISA (E1R019051).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
ARTIKEL ICA.pdf

Download (515kB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa pada salah satu sekolah di kota Mataram, tepatnya di SMPN 13 Mataram tergolong rendah, hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model pembelajaran konvensional (metode ceramah). Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa materi koordinat kartesius kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram. Jenis penelitian ini adalah true experimental dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram tahun ajaran 2023/2024 dengan sampel kelas VIII A dan VIII B yang dipilih dengan tekhnik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (normallitas dan homogenitas), uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test dan uji effect size Cohen’s d. Hasil analisis diperoleh skor rata-rata posttest siswa kelas eksperimen adalah 13 dan kelas kontrol 11,5. Pengujian hipotesis dengan tingkat kepercayaan 95% memperoleh nilai t-hitung sebesar 2.459 dan t-tabel sebesar 1,998. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel. Hasil uji effect size Cohen’s d dengan perhitungan d= 0,692 yang berada pada kategori efek besar. Sehingga Model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif, SMPN 13 Mataram, Team Game Tournament (TGT).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:51
Last Modified: 30 Jan 2024 07:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44372

Actions (login required)

View Item View Item