UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN FINGER PAINTING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM NURUL IMAN SEKARBELA

ELINA, KHAIRUNNISA (2024) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN FINGER PAINTING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM NURUL IMAN SEKARBELA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ELINA KHAIRUNNISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
jurnal Elina Khairunnisa.pdf

Download (718kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kreativitas anak masih rendah. Dilihat dari anak belum bisa membuat hasil karya yang baru tanpa diberi contoh oleh guru, kurangnya rasa ingin tahu pada anak, serta masih malu-malu dalam menyampaikan pendapatnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kreativitas anak melalui penerapan finger painting pada anak kelompok B3 TK Islam Nurul Iman Sekarbela. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini yakni 10 orang anak kelompok B3. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.Adapun hasil penelitiannya adalah kreativitas anak yang mengalami peningkatan yaitu pada siklus I diproleh 10 orang anak mendapat kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) dengan ketuntasan 59,37% meningkat pada siklus II diperoleh 10 anak mendapat kriteria berkembang sangat baik (BSB) dengan ketuntasan menjadi 85,87% sehingga terjadi peningkatan sebesar 26,5%, dan hasil keterlaksanaan permainan finger painting oleh guru menunjukan adanya peningkatan dimana pada siklus I diperoleh jumlah skor 70dengan persentase sebesar 58%, meningkat pada siklus II dengan skor 107 persentase 89% sehingga terjadi peningkatan sebesar 31%.. Dari hasil tersebut dapat dikatakan berhasil karena sudah mencapai persentase keberhasilan yaitu 75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dikatakan bahwa penggunaan finger painting dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B3 TK Islam Nurul Iman Sekarbela.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Anak Usia Dini, FingerPainting, KreativitasAnak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jan 2024 23:49
Last Modified: 31 Jan 2024 23:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44401

Actions (login required)

View Item View Item