ANALISIS KEMAMPUAN INVESTIGASI MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 11 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

Aspaed Pebi, Astuti (2024) ANALISIS KEMAMPUAN INVESTIGASI MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 11 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Aspaed Pebi Astuti (E1R017012).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
ARTIKEL_Aspaed Pebi Astuti (E1R017012).pdf

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan investigasi matematika pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel penelitian yaitu teknik random sampling. Subjek penelitian ini adalah kelas IX-C SMP Negeri 11 Mataram sebanyak 30 siswa dan selanjutnya dipilih 6 siswa dengan masing-masing 2 siswa dari setiap tipe gaya belajar yaitu visual, auditorial dan kinestetik sebagai subjek wawancara. Data penelitian diambil melalui angket gaya belajar, tes kemampuan investigasi matematika berbentuk soal esai, dan wawancara. Data angket dianalisis untuk menentukan tipe gaya belajar siswa, sedangkan data tes investigasi matematika dianalisis berdasarkan 4 tahapan kemampuan investigasi matematika yaitu spesialisasi, pendugaan, generalisasi dan justifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan investigasi matematika siswa berbeda di setiap tipe gaya belajar. Siswa dengan gaya belajar visual sebagian besar berhasil melewati 4 tahapan investigasi matematika. Siswa dengan gaya belajar auditorial ada yang melalui 4 tahapan investigasi matematika tetapi sebagian besar hanya dapat menyelesaikan 3 tahapan yaitu spesialisasi, pendugaan dan generalisasi. Siswa dengan gaya belajar kinestetik hanya berhasil melalui 3 tahapan investigasi yaitu spesialisasi, pendugaan, dan generalisasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bangun Ruang Sisi Datar; Gaya Belajar; Investigasi Matematika; VAK (Visual-Auditorial-Kinestetik)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jan 2024 23:49
Last Modified: 31 Jan 2024 23:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44406

Actions (login required)

View Item View Item