PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI KREATIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X

EVILYA SURANING, PUJI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI KREATIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL.pdf.pdf

Download (709kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Contexual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan disposisi kreatif dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Pretest Postest Control Group Design dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 64 orang siswa kelas X di salah satu SMA Negeri di Aikmel, NTB. Siswa kelompok kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Contexual Teaching and Learning (CTL) dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data disposisi kreatif siswa diperoleh dari angket disposisi kreatif sedangkan data keterampilan berpikir kreatif siswa diperoleh dari tes keterampilan berpikir kreatif yang disusun berdasarkan indikator keterampilan berpikir kreatif. Data penelitian berupa data kuantitatif diuji dan dianalisis menggunakan uji t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan disposisi kreatif dan keterampilan berpikir kreatif pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol, yang masing-masing ditunjukkan oleh hasil uji t sebesar 0,000 < 0,05. Penerapan model pembelajaran CTL pada kelas eksperimen dapat membangkitkan disposisi kreatif siswa pada kategori sedang (N-gain = 0,45) dan pada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah (N-gain = 0,08). Keterampilan berpikir kreatif siswa dengan penerapan model CTL pada kelas eksperimen meningkat pada kategori peningkatan sedang (N-gain = 0,48) dan pada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional meningkat pada kategori peningkatan rendah (N-gain = 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan disposisi kreatif dan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Disposisi kreatif, Keterampilan berpikir kreatif, Model Contexual Teaching and Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:52
Last Modified: 05 Feb 2024 07:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44434

Actions (login required)

View Item View Item