ALMA, WARDIANA (2024) STRATEGI GURU DALAM MEMBINA KARAKTER MANDIRI PESERTA DIDIK TUNANETRA DI SLBN 1 LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (285kB) |
Abstract
Pendidikan karakter sangat penting diterapkan pada setiap individu tidak terkecuali penyandang disabilitas terutama karakter mandiri agar mereka memiliki sikap atau prilaku yang sanggup berdiri sendiri dan mempunyai rasa percaya diri dalam mengatasi setiap masalah tanpa bantuan orang lain. Tunanetra termasuk ke dalam penyandang disabilitas. Tunanetra adalah individu yang mengalami permasalahan pada indra pengeliatan atau indra pengelihatan tidak berfungsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam membina karakter mandiri peserta didik tunanetra di SLBN 1 Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan digunakan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru di SLBN 1 Lombok Barat dalam membina karakter mandiri peserta didik tunanetra yaitu dengan pembiasaan secara langsung dan dengan program khusus Orientasi, Mobilitas, Sosial, dan Komunikasi (OMSK). Faktor pendorong strategi guru dalam membina karakter mandiri peserta didik tunanetra antara lain adanya dukungan dari orang tua dan guru, sarana dan prasarana yang sudah terpenuhi. Sedangkan faktor penghambat yang diterima yaitu rasa khawatir orang tua yang berlebihan, individu yang memiliki multi ketunaan atau MDVI, dan kurangnya kesadaran mayarakat di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pendidikan Karakter, Tunanetra, SLBN 1 Lombok Barat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 02:01 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 02:01 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44441 |
Actions (login required)
View Item |