KARAKTER MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA DAN POTENSI PENGEMBANGANNYA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA

Shopiatul, Hani (2024) KARAKTER MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA DAN POTENSI PENGEMBANGANNYA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-SHOPIATUL HANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Multiple intelligences merupakan teori kecerdasan yang menyatakan bahwa setiap siswa memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Karakter kecerdasan siswa yang berbeda-beda penting untuk diketahui guru sehingga dapat menjadi acuan dalam menentukan atau menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter multiple intelligences siswa dan potensi pengembangannya dalam pembelajaran biologi siswa SMAN 1 Gunungsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskrptif eksploratif. Data hasil penelitian didapatkan dari tes angket multiple intelligences dan wawancara dengan guru mata pelajaran biologi. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 72% siswa memiliki satu kecerdasan yang unggul dan 28% siswa lainnya memiliki lebih dari satu kecerdasan. Kecerdasan intrapersonal menjadi kecerdasan yang paling banyak dimiliki siswa. Kesimpulan penelitian ini setiap siswa memiliki kecerdasan yang berbeda untuk pembelajaran biologi. Kecerdasan yang unggul pada diri masing-masing siswa direkomendasikan untuk dijadikan dasar pengembangan pembelajaran menggunakan metode yang sesuai karakter kecerdasannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Karakter multiple intelligences siswa, potensi pengembangan dalam pembelajaran biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Feb 2024 08:13
Last Modified: 07 Feb 2024 08:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44448

Actions (login required)

View Item View Item