ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAUDARIGAYA BELAJARPADA SISWAKELAS VIII SMP NEGERI 1GUNUNGSARITAHUN AJARAN 2023/2024

TRY, NURVITASARI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAUDARIGAYA BELAJARPADA SISWAKELAS VIII SMP NEGERI 1GUNUNGSARITAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_TRY NURVITASARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
Artikel_TRY NURVITASARI.pdf

Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMPN 1 Gunungsari tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 siswa, dengan 5 siswa gaya belajar visual, 7 siswa gaya belajar auditorial, dan 8 siswa gaya belajar kinestetik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian adalah angket, soal tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Analisis dilakukan berdasarkan tahapan John Dewey, yaitu menghadapi masalah, pendefinisian masalah, penemuan solusi, menguji beberapa solusi, dan memilih hipotesis terbaik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa, siswa gaya belajar visual, secara umum memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi karena mampu melaksanakan kelima tahapan. Siswa gaya belajar auditorial, secara umum memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi, dimana siswa auditorial mampu melaksanakan kelima tahapan. Sedangkan, siswa gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sedang, dimana siswa kinestetik hanya mampu melaksanakan 4 tahapan, sebab pada tahap memilih hipotesis terbaik, siswa kinestetik tidak mampu melaksanakannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gaya Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Feb 2024 00:36
Last Modified: 13 Feb 2024 00:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44464

Actions (login required)

View Item View Item