ENGLISH TEACHERS’ STRATEGIES IN IMPLEMENTING MERDEKA CURRICULUM: A CASE STUDY OF ENGLISH TEACHERS AT SMPN 2 PRAYA

FADHILA, HASSAN (2024) ENGLISH TEACHERS’ STRATEGIES IN IMPLEMENTING MERDEKA CURRICULUM: A CASE STUDY OF ENGLISH TEACHERS AT SMPN 2 PRAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FADHILA HASSAN SKRIPSI NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12227-Article Text-52634-1-10-20240131-1.pdf

Download (223kB)

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang baru diterapkan di Indonesia, dalam pengimplemtasian kurikulum Merdeka guru menggunakan strategi pengajaran unruk membantu proses belajar siswa dan memberikan hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menginvestigasi, dan menganalisis jenis-jenis strategi yang digunakan guru Bahasa inggris dalam mengimplememtasikan kurikulum Merdeka serta untuk mengetahui sejauh mana penerapan kurikulum Merdeka di SMPN 2 PRAYA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi kualitatif. Tiga guru Bahasa inggris di SMPN 2 PRAYA dipilih sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrument dalam penelitian ini adalah observasi kelas, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisi menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan guru Bahasa inggris menggunakan tiga strategi dalam mengajar di dalam kelas . strategi tersebut antara lain strategi pebelajaran peningkatan kemampuan berfikir, strategi pembelajaran kontekstual, dan strategi pembelajaran kooperatif. Dari hasil wawancara dan observasi guru strategi pengajaran yang mereka gunakan tergantung kondisi siswa pada saat di dalam kelas. Implementasi kurikulum Merdeka di SMPN 2 PRAYA sudah berjalan dengan baik dan guru masih terus belajar mendalami kurikulum Merdeka ini

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Guru, Kurikulum, Merdeka Kurikulum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Feb 2024 08:44
Last Modified: 21 Feb 2024 08:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44489

Actions (login required)

View Item View Item