PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PPKn SMA DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

MANZILUL, LAILI (2024) PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PPKn SMA DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Manzil.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Template JIPP Juli 2020 (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mendeskripsikan peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PPKn SMA di Kabupaten Lombok Timur. Peneitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu: Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PPKn SMA di Kabupaten Lombok Timur ada 5 yaitu sebagai berikut: (1) Reformator dalam classroom reform, terutama dalam reorientasi pembelajaran efektif. (2) Mediator dalam pengembangan dan peningkatan kompetensi guru terutama dalam pengembangan kurikulum dan sistem pengujian. (3) Supporting agency dalam inovasi manajemen kelas dan manajemen sekolah. (4) Evaluator dan developer school reform dalam konteks MPMBS. (5) Clinical dan academic supervisor dengan pendekatan penilaian appraisal. Faktor penghambat Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PPKn SMA di Kabupaten Lombok Timur yaitu: Kompleknya permasalahan guru di lapangan, Partisipasi anggota MGMP PPKn SMA Lombok Timur masih kurang, dan Minimnya dana Operasional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): MGMP, Kompetensi Profesional, Guru PPKn SMA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Feb 2024 08:44
Last Modified: 21 Feb 2024 08:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44491

Actions (login required)

View Item View Item