PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS IV DI SDN 1 SIGAR PENJALIN

RAIHUL, JANNAH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS IV DI SDN 1 SIGAR PENJALIN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RAIHUL JANNAH (E1E020169).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
6745-Article Text-36465-1-10-20240128.pdf

Download (247kB)

Abstract

Kecakapan abad ke-21 menuntut peserta didik untuk dapat mengikuti perkembangan zaman yang penuh tantangan. Salah satu persyaratan untuk mewujudkan kecakapan abad ke-21 adalah kemampuan literasi peserta didik. Salah satu kemampuan literasi yang harus dimiliki peserta didik yaitu numerasi. Berdasarkan hasil study PISA mengatakan kemampuan numerasi peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Peserta didik Indonesia berada pada peringkat 72 dari 79 negara peserta tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Experiential Learning terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV di SDN 1 Sigar Penjalin. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Design dengan pendekatan The Non-Equivalent Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IV SDN 1 Sigar Penjalin yang berjumlah 44 siswa, sampel dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan lembar observasi terkait pelaksanaan langkah-langkah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Experiential Learning. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji N-Gain, dan Effect Size. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed)sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 dengan df 42. Selain itu, nilai thitung sebesar 4,346 dan ttabel sebesar 2,018. Karena thitung (4,346) ≥ ttabel (2,018), maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Experiential Learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV di SDN 1 Sigar Penjalin.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Experiential Learning, Kemampuan Numerasi, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:38
Last Modified: 26 Feb 2024 07:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44513

Actions (login required)

View Item View Item