DEIKSIS PADA NOVEL TEHERAN DALAM TOPLES KARYA AMINATUL FAIZAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Shintya Rahmatiana, Saputri (2024) DEIKSIS PADA NOVEL TEHERAN DALAM TOPLES KARYA AMINATUL FAIZAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Shintya Rahmatiana Saputri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Artikel Shintya Rahmatiana Saputri - Template final.pdf

Download (389kB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bentuk dan makna deiksis pada novel Teheran dalam toples karya Aminatul Faizah dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna. Bentuk deiksis yang ditemukan pada penelitian ini berupa bentuk deiksis persona (aku, saya, kita, kami, kau, kamu, anda, kalian, dia, dan mereka), bentuk deiksis tempat (di sana, di sini, ke sana, dan ke sini). Bentuk deiksis waktu (besok, dulu, kemarin, dan nanti). Makna deiksis yang ditemukan pada bentuk deiksis persona dan deiksis tempat berupa makna kepemilikan, makna penunjukan tempat, maupun benda. Kemudian pada bentuk deiksis waktu ditemukan makna pada sesuatu yang sudah terjadi. Implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA yakni berdampak dalam pembelajaran mengenai cerpen sehingga dalam menceritakan kembali siswa akan lebih mengerti maksud yang akan mereka sampaikan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pragmatik, deiksis, bentuk deiksis, makna, bentuk lingual deiksis, dan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA dengan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik catat dalam pengumpulan data. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode padan intralingual dan metode padan extralingual. Penyajian data menggunakan metode formal dan metode informal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Deiksis, Novel, Implikasi, Pragmatik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Feb 2024 05:17
Last Modified: 28 Feb 2024 05:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44520

Actions (login required)

View Item View Item