ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL SISWA KELAS VIII SMPN 4 NARMADA TAHUN AJARAN 2023/2024

SYAFA, AULIA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL SISWA KELAS VIII SMPN 4 NARMADA TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SYAFA AULIA_E1R019152 FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
Jurnal Syafa Aulia dkk. (2023).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi SPLDV ditinjau dari locus of control siswa kelas VIII SMPN 4 Narmada tahun ajaran 2023/2024. penelitian ini menggunakan metode kualitatif diperoleh sampel sebanyak 72 siswa menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket locus of control dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa dengan locus of control eksternal kuat hanya mampu mencapai langkah memahami masalah saja. Sedangkan, siswa dengan locus of control internal dan eksternal seimbang mampu mencapai langkah memahami masalah dan membuat strategi pemecahan masalah. Hal tersebut terjadi karena, siswa dengan locus of control eksternal kuat, serta siswa dengan locus of control eksternal seimbang kurang berusaha dan kurang aktif dalam mencari informasi terkait permasalahan yang sedang dihadapi, dan mudah dipengaruhi orang lain. Sementara itu siswa dengan locus of control internal kuat mampu mencapai langkah memahami masalah, membuat strategi pemecahan masalah dan melaksanakan strategi pemecahan masalah. Hal tersebut terjadi karena siswa dengan locus of control internal kuat mudah puas dengan terhadap hasil yang mereka peroleh dengan usaha yang mereka lakukan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Pemecahan Masalah, Locus of Control, Locus of Control Internal, Locus of Control Eksternal.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Feb 2024 05:18
Last Modified: 28 Feb 2024 05:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44521

Actions (login required)

View Item View Item