PENGARUH PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI SMPN 3 LABUAPI KELAS VIII

HILIYATUL, AULIA (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI SMPN 3 LABUAPI KELAS VIII. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI. 04.07.23.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
4925-Article Text-23654-1-10-20230815(1).pdf

Download (222kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sistem pernapasan pada manusia berbasis praktikum terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Labuapi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen menggunakan model nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 22 siswa untuk kelas eksperimen, dan 22 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen test hasil belajar berupa soal pilihan ganda dan angket berupa penilaian keterampilan proses sains. Analisis data hasil belajar menggunakan uji-t, data hasil perhitungan diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, maka dapat dikatakan bahwa 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran sistem pernapasan pada manusia berbasis praktikum terhadap hasil belajar peserta didik. Adapun analisis data keterampilan proses sains menggunakan angket, diperoleh skor sebesar 83% dengan kategori sangat baik, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor sebesar 64,7% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan keterampilan proses sains peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Berbasis Praktikum, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains, Sistem Pernapasan Pada Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Feb 2024 05:26
Last Modified: 28 Feb 2024 05:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44540

Actions (login required)

View Item View Item