IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) SEBAGAI PENGUATAN CIVIC CULTURE DI MAN 2 MODEL MATARAM

WIWI ADE, JULIANA (2024) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) SEBAGAI PENGUATAN CIVIC CULTURE DI MAN 2 MODEL MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-WIWI ADEJULIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
ARTIKEL WIWI ADEJULIANA.pdf

Download (292kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi P5 sebagai penguatan Civic Culture dan faktor pendukung serta penghambat implementasi kegiatan P5 sebagai penguatan Civic Culture di MAN 2 Model Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Untuk mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode Miles dan Huberman dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan tiga jenis triangulasi yaitu sumber, waktu, dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, bentuk implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) sebagai penguatan Civic Culture di MAN 2 Model Mataram yaitu : 1). Mengujungi situs budaya, 2) Sastra lisan, 3) Makanan tradisional, 4) Permainan tradisional, 5) Lagu daerah, 6) Cerita rakyat, 7) Alat musik tradisional, 8) Pakaian adat, 9) Hukum adat, 10) Moderasi beragama, 11) Tari tradisional sasak, dan 12) Prosesi adat pernikahan suku Sasak. Faktor pendukung implementasi kegiatan P5 antara lain yaitu kompentensi guru sebagai pelaksana P5, dukungan dan kerjasama guru/staff/masyarakat, ketersediaan tempat pelaksanaan kegiatan P5, ketersediaan fasilitas pelaksanaan, partisipasi dam antusiasme siswa dan tersedianya panduan pelaksanaan dan modul ajar P5. Sedangkan faktor penghambat implementasi kegiatan yaitu kurangnya dukungan orang tua siswa dalam pelaksanaan P5.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Feb 2024 12:22
Last Modified: 29 Feb 2024 12:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44549

Actions (login required)

View Item View Item