PENGUATAN NILAI KARAKTER KEDISIPLINAN DAN PEDULI SOSIAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR) DI SMAN 4 KOTA BIMA

MAR, LINA (2024) PENGUATAN NILAI KARAKTER KEDISIPLINAN DAN PEDULI SOSIAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR) DI SMAN 4 KOTA BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1.) Bagaimana proses pelaksanaan dalam penguatan nilai karakter kedisiplinan dan peduli sosial melalui kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di SMAN 4 Kota Bima, 2.) Faktor penghambat dan pendukung penguatan nilai karakter kedisiplinan dan peduli sosial melalui kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di SMAN 4 Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul di analisis dengan cara deskripsi melalui Langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler PMR dalam penguatan nilai karakter kedisiplinan dan peduli sosial terlaksana melalui 1.)Kegiatan Latihan, 2.) Kegiatan pertolongan pertama, 3.)Pengalangan dana, 4.)Kegiatan donor darah, diadakan setiap setahun sekali. Adapun faktor penghambat dalam penguatan kedisiplinan dan peduli sosial yaitu : 1.) Kesiapan siswa, ketika Latihan rutin belangsung sehingga mengakibatkan tidak fokus, 2.) waktu, Ketika dilaksanakan Latihan rutin siswa tidak hadir tepat waktu, 3.) Emosi siswa belum stabil, siswa masih merasakan takut dan tidak percaya diri terhadap kemampuannya, 4.)waktu pelaksanaan, kegiatan program kerja yang direncanakan sering kali tidak terealisasikan dikarenakan kendala , waktu pelaksanaan, 5.)dukungan orang tua, siswa tidak diberikan izin. Dan Adapun faktor pendukung dalam penguatan kedisiplinan dan peduli sosial yaitu : 1.) Minat siswa, sehingga siswa semangat dalam mengikuti kegiatan Latihan, 2.)dukungan dari pihak sekolah, 3.)Tersedianya sarana dan prasarana, dalam kegiatan PMR, 4.) Siswa, sebagai peran dalam kegiatan PMR 5.) Kegiatan yang diprogramkan oleh pihak organisasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Karakter Kedisiplinan dan Peduli Sosial, Ekstrakurikuler PMR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Feb 2024 12:22
Last Modified: 29 Feb 2024 12:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44550

Actions (login required)

View Item View Item