PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 23 AMPENAN TAHUN AJARAN 2022/2023

MAYA, APRIANTY (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 23 AMPENAN TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SIKRIPSI sudah fiks bgtt bismillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Model pembelajaran inquiry ini memiliki kelebihan utama pada lima komponen penting yaitu mengajukan pertanyaan, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, analisis data, dan membuat kesimpulan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes uraian yang telah memenuhi validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil beljar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inquiry dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Karena nilai ratarata kelas eksperimen lebih tinggi, maka disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran inquiry, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Mar 2024 01:22
Last Modified: 06 Mar 2024 06:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44561

Actions (login required)

View Item View Item