UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PADA SISWA KELAS V SDN GUGUS 2 PRAYA TIMUR

Ade Irfan, Maulana (2024) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PADA SISWA KELAS V SDN GUGUS 2 PRAYA TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
( CD) Ade_Irfan_FKIP_UNRAM_SKRIPSI COMPLETE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan kreativita siswa di kelas V di SDN Gugus 2 Praya Timur tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan penyajian secara deskriptif. Subjek penelitian adalah guru di kelas V, yaitu guru kelas V dari SDN 1 Marong, SDN 2 Marong, SDN 3 Marong. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap (1) reduksi data (2) display data (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi teknik dan uji dependabilitas. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa cara atau langkah yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa yaitu: (1) guru harus terlihat ceria dan semangat dalam kegiatan pembelajaran; (2) membangkitkan minat belajar siswa; (3) melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa; (4) menyediakan alat dan media pembelajaran yang bervariatif; (5) menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan; (6) memberi pujian atau hadiah yang wajar terhadap setiap keberhasilan siswa; (7) melakukan evaluasi terhadap hasil kerja siswa; (8) memberikan pengajaran perbaikan; (9) mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, saran yang dapat diajukan, yaitu berupa; (1) Memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada Kepala Sekolah dan guru terutama di sekolah-sekolah yang berada jauh di pelosok daerah, akan pentingnya kemampuan berbahasa bagi semua orang untuk bekal menghadapi persaingan abad 21. (2) Mengembangkan kemampuan guru dalam mengembangkan pembelajaran berbahasa terutama pada guru-guru di kelas rendah, (3) Memprioritaskan bantuan kepada sekolah terpencil yang jauh dari kota dengan sarana dan prasarana yang memadai, seperti buku-buku dan sumber belajar yang lain termasuk internet.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Upaya Guru, Kreativitas, Siswa Kelas V
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:51
Last Modified: 06 Mar 2024 06:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44564

Actions (login required)

View Item View Item