UPAYA GURU PPKn DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL “ NGGAHI RAWI PAHU ” UNTUK MEMBENTUK KARAKTER JUJUR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 DOMPU

KARMILA RAHMA, JUNINGTIAS (2024) UPAYA GURU PPKn DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL “ NGGAHI RAWI PAHU ” UNTUK MEMBENTUK KARAKTER JUJUR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI__ KARMILA RAHMA JUNINGTIAS (E1B018041).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nilai kearifan lokal yang dimiliki masyarakat Dompu adalah nilai Nggahi Rawi Pahu (ucapan sesuai perbuatan) merupakan falsafah hidup sebagai salah satu perwujudan dari sikap konsistensi dalam kehidupan yang memiliki makna gambaran menyatukan kata dengan perbuatan. Penelitian ini bertujuan untuk; Menganalisis upaya guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai karifan lokal Nggahi Rawi Pahu untuk membentuk karakter jujur peserta didik di SMP Negeri 1 Dompu. Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat upaya guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai karifan lokal Nggahi Rawi Pahu untuk membentuk karakter jujur peserta didik di SMP Negeri 1 Dompu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dangan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Dompu yang terletak di Kelurahan Bali Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat. Informan dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru, kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan; Upaya guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai karifan lokal Nggahi Rawi Pahu untuk membentuk karakter jujur peserta didik di SMP Negeri 1 Dompu dilakukan melalui 3 aspek pembelajaran; aspek perencanaan pembelajaran, aspek pelaksanaan pembelajaran, dan aspek penilaian pembelajaran. Faktor pendukung dan penghambat nilai kearifan lokal Nggahi Rawi Pahu (ucapan sesuai perbuatan) dalam perilaku peserta didik di SMP Negeri 1 Dompu, yaitu faktor pendukung; prasarana dan sarana yang memadai, sedangkan faktor penghambat: guru tidak menggunakan model pembelajaran yang menarik dalam menyampaikan materi pembelajaran PPKnyang mengintegrasikan kearifan lokal nggahi rawi pahu dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kearifan Lokal, Karakter Jujur.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Mar 2024 06:24
Last Modified: 06 Mar 2024 06:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44570

Actions (login required)

View Item View Item