PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII SMPN 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2023/2024

Sri, Romlawati (2024) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII SMPN 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Sri Romlawati_E1R019146.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran matematika masih didominasi dengan ceramah dan diskusi, belum adanya model pembelajaran inovatif yang diterapkan dan media pembelajaran alternatif yang digunakan sebagai pendukung proses pembelajaran, menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa, sehingga perlu adanya pembenahan dalam proses pembelajaran. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan sebuah konsep belajar yang membantu guru menghubungkan materi yang diajarkan dengan kondisi kehidupan nyata dan mendorong siswa untuk menghubungankan antara pengetahuan yang telah dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan media animasi yaitu media yang dirancang untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh model CTL berbantuan media animasi terhadap hasil belajar siswa, (2) Mengetahui pengaruh model CTL berbantuan media animasi terhadap hasil belajar ditinjau dari minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitaian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMPN 4 Mataram dengan siswa kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Analisis data menggunakan Analisis Kovariansi, Uji Multikolinearitas, dan Koefisien Korelasi dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengaruh penggunaan model CTL berbantuan media animasi terhadap hasil belajar siswa sangat signifikan; 2) pengaruh penggunaan model CTL berbantuan media animasi terhadap hasil belajar ditinjau dari minat belajar sangat signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Contextual Teaching & Learing (CTL), media animasi, hasil belajar, minat belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:36
Last Modified: 06 Mar 2024 06:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44577

Actions (login required)

View Item View Item