PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ETNOPEDAGOGIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL SASAK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV KURIKULUM MERDEKA DI SDN GUGUS V CAKRANEGARA

ANGGIO, PANA (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ETNOPEDAGOGIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL SASAK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV KURIKULUM MERDEKA DI SDN GUGUS V CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran etnopedagogik berbasis kearifan lokal sasak yang valid dan praktis pada pembelajaran IPAS kelas 4 di SDN Gugus V Cakranegara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Gugus V Cakranegara yaitu di SDN 19 dan 29 Cakranegara dengan menggunakan instrumen lembar validasi ahli media dan materi, angket respon guru dan juga peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran etnopedagogik berbasis kearifan lokal sasak mendapatkan presentase 94% dengan kriteria sangat valid dari ahli media, presentase 93,3% dengan kriteria sangat valid dari ahli materi, presentase 91,7% dengan kriteria sangat praktis dari respon guru, presentase 97,9% dengan kriteria sangat praktis dari respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil, presentase 90,9% dengan kriteria praktis dari respon peserta didik pada uji coba kelompok besar. Oleh karena itu, dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian bahwa pengembangan modul pembelajaran etnopedagogik berbasis kearifan lokal sasak pada pembelajaran IPAS kelas IV dilakukan melalui lima tahapan utama yakni tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi dan berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh maka modul pembelajaran etnopedagogik berbasis kearifan lokal sasak dapat dinyatakan telah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Etnopedagogik, Kearifan lokal sasak, Modul pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:54
Last Modified: 13 Mar 2024 04:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44594

Actions (login required)

View Item View Item