PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN) DALAM MENGIPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 1 GUNUNG SARI

MUHAMMAD, YASIN (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN) DALAM MENGIPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 1 GUNUNG SARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi YASIN Konsul Dospem 2 Rev. Ke 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperkenalkan kurikulum baru, yang dikenal sebagai kurikulum otonom, sebagai respons terhadap krisis pembelajaran terkait virus Covid19 yang dimulai pada tahun 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperjelas dan memberikan gambaran umum tentang fungsi tersebut. bahwa PPKn atau Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berperan dalam penerapan kurikulum. Di SMAN 1 Gunung Sari, kebebasan. Metodologi penelitian kualitatif deskriptif yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PPKn dalam penerapan kurikulum mandiri di SMAN 1 Gunung Sari telah dilaksanakan secara maksimal dan berkelanjutan, meskipun dalam pelaksanaannya masih banyak kekurangan dan kendala. Kunci sukses penerapan kurikulum mandiri adalah guru harus mempunyai kemauan untuk melakukan perubahan. Kepala sekolah sebagai pemimpin harus mampu mengubah pola pikir Sumber Daya Manusia di sekolah agar mau melakukan perubahan agar kurikulum mandiri dapat dilaksanakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran Guru, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:54
Last Modified: 13 Mar 2024 04:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44600

Actions (login required)

View Item View Item