KESALAHAN PENYELESAIAN SOAL CERITA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF PADA SISWA KELAS VIII SMPN 20 MATARAM TAHUN AJARAN 2023/2024

SUWAN, DA (2024) KESALAHAN PENYELESAIAN SOAL CERITA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF PADA SISWA KELAS VIII SMPN 20 MATARAM TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
isi skripsi wanda_merged.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pola bilangan. Analisis kesalahan dilakukan berdasarkan analisis kesalahan Newman dan ditinjau dari gaya kognitif reflektifimpulsif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 20 Mataram tahun ajaran 2023/2024 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes MFFT, tes tertulis soal cerita, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siswa reflektif melakukan kesalahan dengan kategori sangat rendah pada tahap membaca dan memahami masalah, kategori rendah pada tahap transformasi masalah, kategori sedang pada tahap keterampilan proses, dan kategori tinggi pada tahap penulisan jawaban akhir. Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa reflektif yaitu kehabisan waktu, terlalu fokus pada satu soal, dan kurang menguasai materi yang diujikan; (2) Siswa impulsif melakukan kesalahan dengan kategori rendah pada tahap membaca dan memahami masalah, kategori sedang pada tahap transformasi masalah, kategori tinggi pada tahap keterampilan proses, dan kategori sangat tinggi pada tahap penulisan jawaban akhir. Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa impulsif yaitu terburu-buru, kurang teliti, tidak berpikir secara mendalam, tidak memeriksa ulang jawaban, dan kurang menguasai materi yang diujikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : kesalahan Newman, soal cerita, reflektif, impulsif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:54
Last Modified: 13 Mar 2024 04:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44601

Actions (login required)

View Item View Item