Anis, Suliyani (2024) PENGARUH KEMANDIRIANDAN KEMAMPUANKOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMPN 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Anis Suliyani.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Kemandirian dan kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika merupakan dua komponen kompetensi yang sangat penting yang harus dikuasai siswa serta sangat memengaruhi hasil belajar siswa. Namun, siswa di SMPN 4 Mataram memiliki kemandirian dan kemampuan komunikasi matematis yang tergolong rendah. Akibatnya hasil belajar siswa yang diperoleh lebih dari 50% secara klasikal berada di bawah KKM. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada dua variabel yang memengaruhi hasil belajar yaitu kemandirian dan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasinya berjumlah 125 siswa kelas VIII dengan menggunakan Simple Random Sampling diperoleh sampel sebanyak 32 siswa. Data siswa kelas VIII SMPN 4 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024 dikumpulkan menggunakan angket dan tes. Dengan menggunakan analisis regresi diperoleh hasil 1) Ada pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi sebesar 25,4%; 2) Ada pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar sebesar 43,8% 3) Ada pengaruh kemandirian dan kemampuan komunikasi matematis secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi sebesar 72,4% .
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kemandirian, Kemampuan Komunikasi Matematis, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 00:13 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 00:13 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44628 |
Actions (login required)
View Item |