ANALISIS KESESUAIAN MATERI PADA BUKU TEMA KELAS 3 DENGAN LINGKUNGAN SEKITAR SISWA

AHMAD ALI AZID, MURADI (2024) ANALISIS KESESUAIAN MATERI PADA BUKU TEMA KELAS 3 DENGAN LINGKUNGAN SEKITAR SISWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_AHMAD ALI AZID MURADI NIM_E1E218003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian materi pada buku teks tematik terbitan kemendikbud tema 3 benda si sekitarku dengan lingkungan sekitar sesuai dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, analisis dimulai dengan membaca dan menelaah seluruh data yang telah tersedia. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa buku teks tematik kemendikbud tema 3 benda si sekitarku sesuai dengan Kurikulum 2013 dilihat dari segi standar isi dan kesesuaian materi dengan lingkungan sekitar sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh BSNP. Akan tetapi masih terdapat beberapa kekurangan baik dari segi isi, bahasa, dan penyajian dilihat dari segi isi terdapat beberapa kekurangan pada materi yang mendukung tercapainya KI dan KD, dan beberapa pembelajaran tidak memuat salah satu dari dimensi pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural.Dari segi materi penerapan materi terhadap lingkungan sekitar masih sangat jarang di terapkan di lingkungan sekitar baik lingkungan keluarga,sekolah,dan masyarakat. Simpulan, kesesuaian standar isi, dan kesesuaian materi yang terdapat dalam buku ini sudah memenuhi standar yang telah ditetepkan oleh BSNP

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis kelayakan Isi, kesesuaian materi pada Buku Teks Tematik Terbitan kemendikbud, Kurikulum 2013.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Mar 2024 00:13
Last Modified: 19 Mar 2024 00:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44630

Actions (login required)

View Item View Item