PEMETAAN IMPLEMENTASI PROGRAM PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI TK SE-KECAMATAN SELAPARANG

YUMNA, ARIFAMAHIRA (2024) PEMETAAN IMPLEMENTASI PROGRAM PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI TK SE-KECAMATAN SELAPARANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUMNA ARIFAMAHIRA .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan implementasi program perilaku hidup bersih dan sehat pada Taman Kanak-kanak di Kecamatan Selaparang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah 25 Taman Kanak-kanak di Kecamatan Selaparang, sedangkan sampelnya terdiri dari 18 Taman Kanak-kanak yang dipilih dengan metode nonprobability, yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dari lembar hasil angket dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Taman Kanak-kanak Kecamatan Selaparang memiliki dua kategori utama, yaitu kebersihan diri dan kebersihan lingkungan kebersihan diri yang terdiri dari mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, kebersihan gigi, pemeriksaan kuku kaki dan tangan, makanan sehat dan bergizi, toilet training, kegiatan olahraga secara rutin dan deteksi dini tumbuh kembang. Sedangkan kategori kebersihan Lingkungan yang terdiri dari membuang sampah pada tempatnya, jamban yang bersih dan sehat, makanan sehat dan bergizi dan untuk hasil analisis implementasi Program PHBS dengan kategori kebersihan diri yang terdiri dari mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir dengan hasil implementasi (97%). Kebersihan Gigi dengan hasil implementasi (91%). Pemeriksaan kuku kaki dan tangan dengan hasil implementasi (94%). Makanan sehat dan bergizi dengan hasil implementasi (91%). Toilet Training dengan hasil implementasi (88%). Kegiatan Olahraga Secara Rutin dengan hasil implementasi (92%). Deteksi dini tumbuh kembang dengan hasil implementasi (91%) sehingga memproleh rata-rata hasil keseluruhan kebersihan diri adalah (92%). Sedangkan kategori kebersihan Lingkungan yang terdiri dari membuang sampah pada tempatnya dengan hasil implementasi (96%). Jamban yang bersih dan sehat dengan hasil implementasi (94%). Pembiasaan Merapikan Barang Sesudah Berkegiatan (97%) sehingga memperoleh rata-rata hasil keseluruhan kebersihan lingkungan (96%). Hasil nilai akhir rata-rata implementasi indikator kebersihan diri dan kebersihan lingkungan (93%) dengan demikian implementasi Program PHBS di TK Sekecamatan Selaparang dalam kategori sangat baik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Implementasi, Taman Kanak-kanak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Mar 2024 00:13
Last Modified: 19 Mar 2024 00:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44639

Actions (login required)

View Item View Item