PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 1 DASAN BARU

PUTRI, LUSIANA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 1 DASAN BARU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PUTRI LUSIANA_SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap literasi matematika siswa kelas IV di SDN 1 Dasan Baru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 1 Dasan Baru tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi eksperiment design, dengan desain penelitian tipe non-equivalent control group design. Pupulasi dalam penelitian ini adalah 46 siswa yang terdiri dari dua kelas, yang terdiri dari kelas IV A (kelas eksperimen) dan kelas IV B (kelas kontrol). Metode yang digunakan dalam pengambalilan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil uji Independent sampel t-Test diperoleh nilai sig. 2-tailed sebesar 0,017 kurang dari 0,05 (sig. 2-tailed ≤ 0,05) artinya Ha diterima dan Ho ditolak, maka terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap literasi matematika siswa kelas IV di SDN 1 Dasan Baru

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME), literasi matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Mar 2024 00:13
Last Modified: 19 Mar 2024 00:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44644

Actions (login required)

View Item View Item