PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS CERITA RAKYAT SASAK “PUTRI MANDALIKA” UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER

DINDA MAULIA EKA, PUTRI PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS CERITA RAKYAT SASAK “PUTRI MANDALIKA” UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Dinda Maulia Eka Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan dalam menjelaskan prosedur pengembangan dan untuk mengetahui kepraktisan media pop-up book berbasis cerita rakyat Sasak “Putri Mandalika” untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze / Analisis, Design / Desain, Development / Pengembangan, Implementation / Implementasi, dan Evaluation / Evaluasi). Tempat dilakukan penelitian yaitu di SDN 2 Kekeri dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV A SDN 2 Kekeri sebanyak 22 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket validasi ahli materi dan media, angket respon guru dan peserta didik, serta tes pemahaman diri peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pop-up book berbasis cerita rakyat Sasak “putri Mandalika” mendapatkan presentase 88% dengan kriteria praktis dari ahli media, 90,66% dengan kriteria sangat praktis dari ahli materi, 90% dengan kriteria sangat praktis dari hasil respon guru, 89,86% dengan kriteria praktis untuk kelompok kecil, 91,92% dengan kriteria sangat praktis untuk kelompok besar, dan memperoleh rata-rata 88,86 dari hasil tes pemahaman diri peserta didik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pop-up book yang dikembangkan praktis digunakan sebagai alat untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada tahap pengetahuan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pop-Up Book, Pendidikan Karakter, Putri Mandalika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Mar 2024 00:13
Last Modified: 19 Mar 2024 00:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44646

Actions (login required)

View Item View Item