PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD PADA MATERI MEMBACA PERMULAAN TEMA 1 PEMBELAJARAN KELAS 1 SDN 4 BUWUN MAS

SINTA, ANGELINA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD PADA MATERI MEMBACA PERMULAAN TEMA 1 PEMBELAJARAN KELAS 1 SDN 4 BUWUN MAS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Sinta Angelina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran flashcard yang layak dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian R&D, yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SDN 4 Buwun Mas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 23 siswa. Sedang objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran flashcard pada materi membaca permulaan tema 1. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi dan ahli media, serta angket respon siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kuisioner dengan skor penilaian 1 sampai 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran flashcard pada materi membaca permulaan tema 1 mendapatkan kriteria sangat valid dari ahli materi dengan nilai 90,59%, sedangkan dari ahli media dengan nilai 86% dengan kriteria valid. Dan untuk nilai kepraktisan dari respon guru diperoleh nilai 98,33% dengan kriteria sangat praktis. Begitupula dengan hasil respon siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 94,69%. Berdasarkan hasil uji validitas dan uji kepraktisan maka dapat disimpulkan bahwa media layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas 1 SDN 4 Buwun Mas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Flashcard, media pembelajaran, membaca permulaan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:07
Last Modified: 19 Mar 2024 04:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44649

Actions (login required)

View Item View Item