PROBLEMATIKA GURU DALAM MEMBELAJARKAN PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS SISWA KELAS V DI SDN 2 MARONG

Lucy Jeka Jema, Vega Lira (2024) PROBLEMATIKA GURU DALAM MEMBELAJARKAN PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS SISWA KELAS V DI SDN 2 MARONG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_LUCY JEKA JEMA VEGA LIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui problematika yang di hadapi guru dalam membelajarkan peserta didik berkebutuhan khusus, kemudian untuk mengetahui peserta didik yang termasuk ke dalam anak berkebutuhan khusus itu seperti apa saja bentuknya, selanjutnya upaya yang di lakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V, siswa Kelas V, dan kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan cara memberikan beberapa pertanyaan dan merangkum analisis data yang di peroleh. Teknik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data di lakukan dengan menggunakan uji kreadibilitas, trianggulasi tekhnik, trianggulasi sumber, dan menggunakan bahan referensi lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa problematika yang di hadapi guru dalam membelajarkan peserta didik berkebutuhan khusus di kelas, kemudian terdapat beberapa peserta didik yang termasuk ke dalam anak berkebutuhan khusus seperti contohnya anak lamban belajar, rabun jauh, hiperaktif dan agresif pada kelas V.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problematika Guru, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Mar 2024 00:06
Last Modified: 20 Mar 2024 00:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44657

Actions (login required)

View Item View Item