PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN 36 CAKRANEGARA

Baiq Zahara Putri, Maulia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN 36 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAIQ ZAHAR PUTRI MAULIA-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Peserta didik kelas II SDN 36 Cakranegara kurang semangat dan kurang motivasi dalam kegiatan pembelajaran sehingga anak menjadi kurang lancar dalam membaca dan menulis. Hal ini disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik untuk menambah semangat dan motivasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa papan kata yang dapat menarik semangat dan motivasi peserta didik untuk belajar membaca dan menulis. Media papan kata ini memiliki kelebihan dalam segi tampilan untuk lebih cepat memahamkan materi pembelajaran kepada peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan desain pengembangan model ADDIE. Langkah-langkah pengembangan dalam model tersebut yaitu analysis (analisis) melakukan observasi berupa wawancara wali kelas yang menghasilkan peserta didik kurang semangat dan kurang motivasi dalam kegiatan menulis dan membaca, design (desain) merancang media papan kata dengan beberapa kolom yang memilki fungsi masing-masing, development (pengembangan) mengembangkan media pembelajaran papan kata yang sesuai dengan materi ajar dan karakteristik peserta didik, implementation (implementasi) menguji cobakan media papan kata dalam proses pembelajaran di sekolah untuk mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap media pembelajaran yang telah dibuat, dan evaluation (evaluasi) revisi akhir berupa saran atau kritikan dari ahli media, ahli materi, peserta didik dan guru. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, peneliti melakukan analisis dari hasil data-data yang telah diperoleh di lapangan. Hasil penelitian penggunaan media pembelajaran papan kata dari ahli materi sebesar 81,25% yang menunjukkan kategori (sangat valid), hasil dari ahli media sebesar 98,75 % (sangat valid), hasil dari respon peserta didik sebesar 97,08% (sangat praktis) dan hasil respon guru sebesar 100% (sangat praktis). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran papan kata sangat praktis untuk meningkatkan semangat dan motivasi belajar peserta didik dalam kegiatan membaca dan menulis

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran, Papan Kata, Membaca dan Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Mar 2024 00:06
Last Modified: 20 Mar 2024 00:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44659

Actions (login required)

View Item View Item