PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI DI SDN 3 GONDANG

HERA, WATI (2024) PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI DI SDN 3 GONDANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HERAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di SDN 3 Gondang pada mata pelajaran IPS, dengan nilai rata-rata di bawah KKM 65 yaitu 63,3. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model role playing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV pada materi kegiatan ekonomi di SDN 3 Gondang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental tipe PretestPosttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi dari kelas IV SDN 3 Gondang yang berjumlah 46 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV A (23 siswa) sebagai kelas eksperimen, dan kelas IV B (23 siswa) sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes tertulis berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Instrumen penelitian adalah lembar tes soal pilihan ganda dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis inferensial dan analisis deskriptif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen (model role playing) memiliki nilai rata-rata posttest sebesar 75,65. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol (model kooperatif tipe STAD) sebesar 66,52. Pada pengujian Independent Sample t Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,003 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV pada materi kegiatan ekonomi di SDN 3 Gondang Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Role Playing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Mar 2024 00:09
Last Modified: 25 Mar 2024 00:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44666

Actions (login required)

View Item View Item