PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VIII SMPN 1 LOPOK

MERYA YUNITA, SARI (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VIII SMPN 1 LOPOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX MERYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VIII SMPN 1 Lopok” dengan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh penerapan model pembelajaran VCT berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VIII SMPN 1 Lopok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran VCT berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VIII SMPN 1 Lopok. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen, desain quasy experimental, dengan bentuk desain nonequivalent control group disign. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes pretest dan post-test. Teknik analisis data menggunakan uji t sample paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran VCT berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VIII SMPN 1 Lopok terbukti. Hal ini ditunjukan hasil uji t dengan nilai sig (1-tailed) sebesar 0,000 <0,05, maka dikatan Ho ditolak sehingga Ha diterima dengan arti model pembelajaran VCT Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak: 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950 Volume 09 Nomor 01, Maret 2024 3297 berbantuan media puzzle berpengaruh positif terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VIII SMPN 1 Lopok tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran VCT, Media Puzzle, Hasil Belajar PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Mar 2024 00:10
Last Modified: 25 Mar 2024 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44673

Actions (login required)

View Item View Item