PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS KIMIA MATERI LAJU REAKSI PADA SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 LEMBAR

RIZKA SOFIA, IRAWAN (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS KIMIA MATERI LAJU REAKSI PADA SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 LEMBAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran berbasis proyek berbantuan media komik terhadap keterampilan proses sains kimia materi laju reaksi pada siswa kelas eksperimen XI MIPA SMAN 1 Lembar. Keterampilan proses sains yang diukur yaitu mengobservasi, berhipotesis, merencanakan percobaan, menggunakan alat dan bahan, mengelompokkan, serta berkomunikasi. Pembelajaran berbasis proyek adalah pembelajaran yang melibatkan fokus pada masalah, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan memberikan kesempatan siswa bekerja secara kolaboratif. Jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasinya berjumlah 130 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling jenis one stage cluster, yaitu kelas eksperimen (XI MIPA 1) dan kelas kontrol (XI MIPA 2). Analisis data menggunakan perhitungan N-Gain pada kelas eksperimen memiliki peningkatan berkategori sedang dengan hasil 0,335 lebih besar daripada kelas kontrol yaitu 0,011 berkategori rendah, dan hasil thitung (3,15) > ttabel (1,671) pada taraf signifikasi 5% menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan media komik memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil pretest dan posttest kedua kelas, pembelajaran berbasis proyek berbantuan media komik menyebabkan peningkatan yang signifikan keterampilan proses sains kimia materi laju reaksi siswa kelas eksperimen daripada kelas kontrol pada siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Lembar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : Pembelajaran berbasis proyek, media komik, keterampilan proses sains.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:16
Last Modified: 25 Mar 2024 04:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44686

Actions (login required)

View Item View Item