PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SDN 3 MENINTING

NISWATUN, AZIZAH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SDN 3 MENINTING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Niswatun Azizah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 3 Meninting tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan pre eksperimen dengan design one group pretest posttest. Hasil analisis data kemampuan membaca pemahaman siswa pada kelas III yang diberikan perlakuan dengan menggunaka model pembelajaran Contextual Teaching And Learning mengalami perubahan, kemampuan membaca pemahaman yang diproleh siswa pada kelas III menunjukkan nilai rata-rata pretest sebesar 54,6 dan nilai rata-rata posttest sebesar 82,3. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji Paired sample t-test dengan bantuan SPSS 25. 0 for windows diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0.05 yang dimana HO ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 3 Meninting.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Kemampuan Membaca pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:16
Last Modified: 25 Mar 2024 04:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44687

Actions (login required)

View Item View Item