ADE IRMA, SURYANI (2024) STRATEGI GURU PADA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM KERANGKA KURIKULUM MERDEKA DI SMK NEGERI 5 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi-Ade Irma Suryani_PPKn.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan inklusif dalam kerangka kurikulum merdeka, strategi guru pada pengembangan pendidikan inklusif dalam kerangka kurikulum merdeka, dan faktor yang memengaruhi implementasi strategi guru pada pengembangan pendidikan inklusif dalam kerangka kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dilakukan analisis menggunakan teknik analisis gabungan antara Creswell dan Yin diantaranya mempersiapkan data, membuat catatan, menyusun pola, eksplanasi/deskripsi, dan representasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan inklusif di SMK Negeri 5 Mataram menggunakan kerangka kurikulum merdeka dan guru menerapkan 3 dimensi pendidikan inklusif yaitu adaptasi kurikulum, adaptasi instruksional, dan adaptasi lingkungan belajar dalam pengembangannya yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan dunia kerja. Pengembangan pendidikan inklusif di SMK Negeri 5 Mataram didukung oleh sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasana, serta partisipasi dari pihak-pihak terkait seperti pemerintah/stakeholder, satuan pendidikan, orang tua, dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pendidikan Inklusif, Kurikulum Merdeka. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 04:17 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 04:17 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44695 |
Actions (login required)
View Item |