PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATAPELAJARAN IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA KELAS IV SDN 3 MENINTING

SHAFWATUL, BAYANIYYAH (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATAPELAJARAN IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA KELAS IV SDN 3 MENINTING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SHAFWATUL BAYANIYYAH (E1E020186).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Pada kurikulum merdeka menekankan guru dalam menyusun dan mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan potensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran pop-up book berbasis kearifan lokal Suku Sasambo, mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran pop-up book berbasis kearifan lokal pada matapelajaran IPAS materi Indonesiaku kaya budaya kelas IV SDN 3 Meninting. Keterbaruan dalam penelitian ini yakni terdapat penambahan kebudayaan daerah yaitu suku sasak, samawa dan mbojo di dalam media popup book. Metode penelitian ini menggunakan ADDIE (yaitu analyze, desain, development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data diambil dengan angket dan tes. Hasil penelitian berdasarkan uji validasi yaitu validator media mendapatkan skor rata-rata 77% kategori valid, validator materi mendapatkan skor rata-rata 88% kategori sangat valid. Hasil berdasarkan respon uji coba kelompok kecil sebanyak 6 siswa memperoleh rata-rata 95,41%, respon uji coba kelompok besar memperoleh rata-rata 94% serta respon guru memperoleh rata-rata 92,5% dengan kategori sangat layak. Hasil tes peserta didik mendapatkan rata-rata nilai klasikal 90% kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Pop-up Book berbasis kearifan lokal pada matapelajaran IPAS materi Indonesiaku kaya budaya kelas IV SDN 3 Meninting dinyatakan sangat layak dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran berdasarkan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar, respon guru dan nilai ketuntasan klasikal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran Pop-up Book, Kearifan lokal, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:17
Last Modified: 25 Mar 2024 04:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44701

Actions (login required)

View Item View Item