“PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XII DI SMA NEGERI 2 TALIWANG”

YIYI ANANDA, RIZKIA (2024) “PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XII DI SMA NEGERI 2 TALIWANG”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Iyii Ananda_Baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penerapan strategi pembelajaran Cooperative Learning Type Student Facilitator And Explaining (SFAE) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Taliwang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas (classroom action reseacrh) dengan menggunakan 2 siklus penelitian, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, dan instrumen penelitian yang terdiri dari instrumen tindakan, lembar catatan lapangan dan soal tes, dengan analisis data keterlaksanaan pembelajaran Strategi SFAE dan data hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil analisis data . Pada siklus I Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dikategorikan baik sekali sebesar 88% dengan ketuntasan belajar klasikal ranah kognitif sebesar 96% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan keberhasilan pelaksanaan pembelajajran dalam kategori baik sekali sebesar 90,5% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 100% . sehingga dapat dibuktikan bahwa penerapan strategi pembelajaran cooperative type student facilitator and explaining dapat meningkat hasil belajar kognitif siswa terlihat dari peningkatan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I ke siklus II. Dalam perapan strategi pembelajaran cooperative learning type student facilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dikelas XII di SMA Negeri 2 Taliwang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar kognitif, Strategi Pembelajaran, Cooperative Learning tipe SFAE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:36
Last Modified: 28 Mar 2024 01:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44756

Actions (login required)

View Item View Item