ANALISIS KESULITAN GURU KELAS V DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 2 SEDAU

Nining, Suherminingsih (2024) ANALISIS KESULITAN GURU KELAS V DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 2 SEDAU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Nining Suherminingsih E1E019230.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik dan upaya guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik kelas V SDN 2 Sedau. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas V sebagai informan kunci dan Kepala Sekolah sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik meliputi penggunaan media dan strategi pembelajaran. Upaya yang dilakukan oleh guru yakni melakukan diskusi untuk saling berbagi praktik baik pembelajaran dalam forum KKG, mengikuti pelatihan pendidikan (workshop), pemanfaatan alam sekitar sebagai media pembelajaran dan persiapan yang matang sebelum pelaksanaan pembelajaran dengan menyusun silabus, RPP dan perangkat pembelajaran yang lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesulitan Guru, Pembelajaran Tematik, Upaya Guru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Apr 2024 00:20
Last Modified: 02 Apr 2024 00:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44780

Actions (login required)

View Item View Item