PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOKBAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKALSASAK UNTUK SISWA KELAS III SDN 3 SUKADANA

YESI AMELIA, PUTRI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOKBAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKALSASAK UNTUK SISWA KELAS III SDN 3 SUKADANA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Yesi Amelia Putri_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kepraktisan serta keefektifan media pop-up book Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal Sasak untuk siswa kelas III SDN 3 Sukadana. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Sukadana dengan subjek penelitian peserta didik kelas III. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dan tes. Adapun langkah-langkah dalam mengembangkan media pop-up book terdiri dari: 1) Analisis, dilakukan analisis masalah dan kebutuhan peserta didik, 2) Desain, merancang media pop-up book mulai dari cover hingga cerita yang disajikan, 3) Pengembangan, mencetak desain media pop-up book, melakukan validasi media dan validasi materi, melaksanakan uji coba dan revisi, 4) Implementasi, menerapkan media pop-up book dalam pembelajaran di kelas, 5) Evaluasi, memberikan evaluasi berupa tes untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan media pop-up book Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal Sasak untuk siswa kelas III SDN 3 Sukadana menunjukkan sangat praktis digunakan pada proses pembelajaran, hal tersebut berdasarkan hasil validasi ahli media sebesar 88%, validasi ahli materi sebesar 100%, respon guru sebesar 96%, dan respon peserta didik sebesar 92,25%. Hasil pada tahap evaluasi juga menunjukkan 75% (efektif) peserta didik sudah dapat memahami materi yang disampaikan menggunakan media pop-up book Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal Sasak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pop-up book, Bahasa Indonesia, kearifan lokal Sasak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Apr 2024 00:20
Last Modified: 02 Apr 2024 00:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44785

Actions (login required)

View Item View Item