KORELASI GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SMPN 3 MATARAM

SUKMA DINDA, ANNISYA (2024) KORELASI GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SMPN 3 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Sukma Dinda Annisya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Gaya belajar adalah karakter yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik. Gaya belajar yang sesuai tentunya menjadi faktor mendukung keberhasilan belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan korelasi antara gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa, serta untuk mengetahui kecenderungan tertinggi dan terendah siswa SMP Negeri 3 Mataram. Jenis penelitian dalam skripsi ini merupakan penelitian korelasional kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, sehingga diperoleh sampel berjumlah 79 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terbagi menjadi dua yaitu angket gaya belajar dan tes hasil belajar pada materi hakikat ilmu sains dan metode ilmiah. Analisis uji korelasi product moment pearson menggunakan SPSS 26 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data, kecenderungan gaya belajar tertinggi yaitu audio visual sebesar 60,7%, sedangkan yang terendah yaitu kinestetik sebesar 1,26%. Terdapat hubungan positif yang signifikan (r = 0.23) antara gaya belajar dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 3 Mataram pada taraf signifikansi 95% (korelasi = 0,04).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gaya Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 00:19
Last Modified: 03 Apr 2024 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44825

Actions (login required)

View Item View Item